RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA KERITING (Lactuca sativa L.) TERHADAP APLIKASI PUPUK AB MIX DENGAN SISTEM HIDOPONIK NFT (Nutrien Film Technique)

Authors

  • Kiki Amelia Kiki Amelia Agroindustri Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/liefde.v1i1.14

Keywords:

hidroponik, selada keriting, AB Mix, NTF

Abstract

Selada keriting (Lactuca sativa L.) termasuk kelompok kultivar selada daun. Selada jenis ini helaian daunnya lepas dan tepiannya berombak atau bergerigi serta berwarna hijau atau merah, ciri khas lainnya adalah tidak membentuk krop. Tingginya permintaan selada memungkin kan untuk meningkatkan produksinya, namun teknik budidaya dan teknologi yang diterapkan masih konvensional  menyebabkan produksi rendah. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan budidaya yang baik dengan cara intensifikasi pertanian dan teknik budidaya yang modren, salah satu teknik yang baik adalah teknik budidaya hidroponik. Faktor penentu dari keberhasilan sistem hidroponik adalah dipengaruhi oleh komposisi unsur hara atau nutrisi yang diberikan harus tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Respon Pertumbuhan dan produksi tanaman Selada Keriting (Lactuca sativa L.) terhadap aplikasi pupuk AB Mix dengan Sistem  Hidoponik NFT (Nutrien Film Technique). Penelitian ini menggunakan 10 tanaman selada keriting dengan perlakuan pemberian nutrisi AB Mix sesuai standar yang ditetapkan yaitu pemberian nutrisi untuk tanaman selada dengan konsentrasi larutan 800 ppm, jika kurang dari 800 ppm maka di tambah nutrisinya. Hasil penelitian mendapatkan tanaman selada keriting memberikan respon yang baik terhadap nutrisi AB Mix yang diaplikasikan. Nutrisi AB Mix yang diaplikasikan telah sesuai dengan kebutuhan unsur hara tanaman selada keriting begitu juga untuk pertumbuhan tanaman selada keriting. Namun nutrisi AB Mix yang diaplikasikan belum maksimal terhadap bobot bersih tanaman selada keriting.

Downloads

Published

2023-05-19

How to Cite

Kiki Amelia, K. A. (2023). RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN SELADA KERITING (Lactuca sativa L.) TERHADAP APLIKASI PUPUK AB MIX DENGAN SISTEM HIDOPONIK NFT (Nutrien Film Technique). Jurnal Liefdeagro, 1(1). https://doi.org/10.24036/liefde.v1i1.14