PENGARUH NUTRISI AB MIX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK NFT (Nutrien Film Technique)

Authors

  • viona ramadanis muaro sijunjung
  • Migusnawati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/liefde.v2i2.32

Abstract

Tanaman pakcoy (Brassica rapa L.) merupakan tanaman jenis sayur-sayuran yang termasuk keluarga Brassicaceae. Tanaman pakcoy dikonsumsi karena memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan diantaranya dapat mencegah kanker, hipertensi, penyakit jantung, sistem pencernaan dan mencegah anemia bagi ibu hamil. Di Indonesia luas lahan pertanian semakin menurun karena adanya alih fungsi penggunaan lahan. Semakin menyempitnya luas lahan ini, maka telah dikembangkan teknologi sistem budidaya tanaman menggunakan lahan sempit dan tetap menghasilkan produksi sesuai kebutuhan masyarakat. Salah satu metode yang digunakan sekarang ini adalah budidaya tanaman dengan menggunakan media non tanah yang disebut hidroponik. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Nutrisi AB Mix terhadap Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Pakcoy (Brassica rapa L.) dengan Sistem Hidroponik NFT (Nutrien Film Teachnique). Penelitian ini dilaksanakan di Blasta Urban Farming Center Aquaponics & Hydroponics Ulak Karang Utara Padang, bulan Oktober sampai November 2022. Penelitian ini dilakukan  terhadap 10 tanaman pakcoy dengan perlakuan pemberian nutrisi AB Mix sesuai standar yang ditetapkan Blasta Urban Farming Center Aquaponics & Hydroponics yaitu pemberian nutrisi untuk tanaman pakcoy dengan konsentrasi larutan 800 ppm, jika kurang dari 800 ppm maka di tambah nutrisinya. Dari hasil penelitian pemberian nutrisi AB mix kepada tanaman pakcoy memberikan pengaruh yang bagus terhadap pertumbuhan tanaman pakcoy. Berdasarkan parameter yang diamati didapatkan hasil rata-rata tinggi tanaman yaitu 31,9 cm, rata-rata jumlah daun 18 helai, lebar daun 15,13 cm, dan panjang akar 30,72 cm. Pemberian nutrisi AB mix kepada tanaman pakcoy memberikan pengaruh yang bagus terhadap produksi tanaman pakcoy. Berdasarkan parameter yang diamati didapatkan hasil rata-rata bobot basah 163,2 gr dan bobot bersih 137,3 gr.

Kata kunci: hidroponik, pakcoy, AB mix, NFT

Author Biography

Migusnawati, Universitas Negeri Padang

Agroindustri

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

ramadanis, viona, & Migusnawati. (2024). PENGARUH NUTRISI AB MIX TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN PAKCOY (Brassica rapa L.) DENGAN SISTEM HIDROPONIK NFT (Nutrien Film Technique). Jurnal Liefdeagro, 2(2). https://doi.org/10.24036/liefde.v2i2.32